DETAIL DOCUMENT
SISTEM PENDEKATAN PENGELOLAAN KURIKULUM DALAM MENCIPTAKAN MADRASAH UNGGUL DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA TRATEE PUTERA GRESIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gresik
Author
Retnaningsih, Endah
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-07-27 06:35:06 
Abstract :
Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran strategis dalam sistem pendidikan.Kurikulum tidak bisa berdiri dan berjalan sendiri, melainkan harus direncanakan, dilaksanakan, dikontrol dan dievaluasi. Disinilah pentingnya pendekatan pengelolaan kurikulum secara baik sehingga menciptakan madrasah yang unggul dan melahirkan output yang berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis lebih mendalam: (1) perencanaan kurikulum (2) pengorganisasian kurikulum, (3) implementasi kurikulum, dan (4) evaluasi kurikulum dalam menciptakan madrasah unggul di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Tratee Putera Gresik. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dengan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan data melalui kredibilitas. Hasil penelitian: 1) Perencanaan kurikulum dalam menciptakan madrasah unggul di MINU Tratee Putera Gresik sangat baik. Perencanaan dilakukan pada: (1) Landasan perencanaan kurikulum, (2) Tujuan kurikulum, (3) Organisasi Isi, (4) Organisai peserta didik, (5) Metode, dan (6) Evaluasi; 2) Pengorganisasian kurikulum dalam menciptakan madrasah unggul di MINU Tratee Putera Gresik adalah sangat baik. Pengorganisasian kurikulum dilakukan: (1) pembagian tugas mengajar, (2) penyusunan kalender akademik, (3) pembagian tugas guru, (4) penyusunan jadwal pelajaran, (5) penyusunan jadwal perbaikan dan pengayaan, (6) penyusunan jadwal ekstrakurikuler, dan (7) penyusunan jadwal penyegaran guru; 3) Pelaksanaan kurikulum dalam menciptakan madrasah unggul di MINU Tratee Putera Gresik berlangsung sangat baik. Pelaksanaan kurikulum dilakukan pada tingkat sekolah dengan melibatkan pihak internal dan eksternal madrasah dan di tingkat kelas berpedoman pada standar kurikulum nasional dan kurikulum khas MINU Tratee Putera dan dilaksanakan sesuai program dan kebutuhan kelas (ICP, Tahfidz, dan Unggulan); 4) Evaluasi kurikulum dalam menciptakan madrasah unggul di MINU Tratee Putera Gresik dilakukan dengan sangat baik. Evaluasi kurikulum pada: (1) hasil belajar siswa, (2) proses pembelajaran, (3) tenaga pengajar/guru, (4) rancangan kurikulum, (5) pelaksanaan kurikulum, (6) kemampuan siswa, (7) kemajuan siswa, (8) sarana prasarana, dan (9) sumber dan media belajar. 
Institution Info

Universitas Gresik