Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan budaya
kerja di UPTD SMPN 1 Sampang dan UPTD SMPN 5 Sampang. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
rancangan studi multi situs. Orientasi yang digunakan adalah dengan
menggunakan pendekatan fenomenologis. Sedangkan informan ditetapkan secara
purposif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara;
(2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Kemudian data yang
terkumpul melalui ketiga teknik tersebut, diorganisir, ditafsir, dan dianalisis
secara berulang-ulang, baik melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas
situs, dalam rangka menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian.
Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, dan
diskusi teman sejawat. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan
oleh para pembimbing sebagai dependent auditor.
Temuan penelitian ini secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa
peran kepala sekolah sangat ditentukan oleh pendekatan atau strategi yang
digunakan dalam melaksanakan peran kepemimpinannya. Pendekatan yang tepat
dapat meningkatkan budaya kerja yang ditunjukkan dengan kesiapan para guru
dan karyawan untuk melakukan dan membimbing pembiasaan-pembiasaan baru
di sekolah. Budaya kerja yang positif juga dapat memotivasi para siswa untuk
lebih berprestasi.