DETAIL DOCUMENT
MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR ANAK USIA PRASEKOLAH DI KUMON GREEN GARDEN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gresik
Author
LESTARI, DINDA TRISNA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-07-25 06:43:22 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manajemen pembelajaran bahasa Inggris melalui metode Total Physical Responses untuk meningkatkan kemampuan belajar anak usia prasekolah yang berada di Kumon Green Garden. Lancar berbahasa Inggris menjadi poin plus dalam berinteraksi bahkan didunia kerja. Beragam persoalan dan cara penangananya, metode Total Physical Responses dapat menstimulus peserta didik dalam meningkatkan kemampuan belajar bahasa Inggris. Peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi dalam penelitian dengan mengambil dua sampel peserta didik. Hasil observasi penelitian ini menunjukan kemampuan belajar bahasa Inggris untuk anak prasekolah di Kumon Green Garden mengalami peningkatan. Hal itu terlihat dari manajemen pembelajaran yang berlangsung secara efektif dan nilai pembelajaran Minggu pertama sampai ketiga yang mengalami peningkatan akurasi dan waktu pengerjaan. Akan tetapi pemberian perlakuan sebanyak 5 pertemuan tidaklah cukup untuk meningkatkan kemampuan belajar bahasa Inggris melalui metode Total Physical Responses di hari kelas saat pembelajaran. Adapun keunggulan dari metode ini baik untuk peserta didik kinestetik yang harus aktif di kelas dan membantu siswa mencapai kefasihan lebih cepat. Disertai kelemahan metode ini sulit mengkondisikan peserta didik dan dapat menjadi tantangan bagi siswa pemalu. Metode ini sangat tepat digunakan pada siswa pemula atau anak prasekolah dan tidak disarankan untuk pembelajaran siswa SMP dikarenakan metode ini dianggap membosankan. 
Institution Info

Universitas Gresik