DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DAN KREATIFITAS GURU TERHADAP PRESTASI SISWA DI SDN KENDANGDUKUH KEC.WONOREJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gresik
Author
Tri Murtanti, Riris
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-07-31 06:44:05 
Abstract :
Riris Tri Murtanti, 2023. Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dan Kreatifitas Guru Terhadap Prestasi Siswa Di SDN Kendangdukuh Kec.Wonorejo. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana (S2) Kepala sekolah memiliki peran sentral bagi perkembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Pengelolaan perubahan dan proses peningkatan kualitas oleh Kepala Sekolah berpengaruh kepada cepat atau lambatnya kemajuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan pembelajaran Kepala Sekolah terhadap prestasi siswa dan mengetahui pengaruh kreatifitas guru terhadap prestasi serta mengetahui pengaruh kepemimpinan pembelajaran Kepala Sekolah dan kreatifitas guru terhadap prestasi siswa di SDN Kendangdukuh Kec.Wonorejo. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah suatu jenis penelitian yang pada dasarnya menggunakan pendekatan deduktif induktif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pada tahun pelajaran 2022/2023 sejumlah 40 orang yang seluruhnya dijadikan obyek dalam penelitian ini. Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari hasil analisis regresi linier berganda adalah sebagai berikut : 1) Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah berdampak pada peningkatan motivasi kerja guru, hal ini dilihat dari uji t dimana nilai t-hitung yang dihasilkan sebesar 3,650 dengan tingkat signifikan sebesar 0,001. Karena tingkat signifikan yang dihasilkan kurang dari 5%, maka dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah sekolah (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi siswa(Y), dan besarnya pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah sekolah (X1) terhadap prestasi siswa(Y) adalah 26,52%. 2) Keterlibatan guru dalam Kreatifitas Guru berdampak pada peningkatan motivasi kerja guru, hal ini dilihat dari uji t dimana nilai t-hitung yang dihasilkan sebesar 2,841 dengan tingkat signifikan sebesar 0,007. Karena tingkat signifikan yang dihasilkan kurang dari 5%, maka dapat disimpulkan bahwa keterlibatan guru dalam Kreatifitas Guru (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi siswa(Y), dan besarnya pengaruh keterlibatan guru dalam Kreatifitas Guru (X2) terhadap prestasi siswa(Y) adalah 17,89%. 3) Hasil uji secara simultan dapat dilihat dari nilai Fhitung yang dihasilkan sebesar 10,041 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 5%. Hal ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah sekolah yang baik dan diimbangi oleh keterlibatan guru dalam Kreatifitas Guru yang tinggi maka prestasi siswaakan semakin baik. 
Institution Info

Universitas Gresik