Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan membuktikan pengaruh kualitas
pelayanan, fasilitas, dan citra perusahaan terhadap kepuasan pasien hemodialisis
RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan sampel 109 pasien hemodialisis dan pengumpulan data
dilakukan dengan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan
metode deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi
berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah
kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien
RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik, fasilitas berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pasien RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik, citra perusahaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien RSUD Ibnu Sina
Kabupaten Gresik. Kualitas pelayanan, fasilitas dan citra perusahaan berpengaruh
secara simultan terhadap kepuasan pasien RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik.