DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MELALUI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK(STUDI SITUS SDN WARUNGDOWO I DAN SDN SUSUKANREJO I POHJENTREK KABUPATEN PASURUAN)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gresik
Author
Purwaniati, Sulis
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-07-31 03:30:24 
Abstract :
Penelitian ini berjudul Implementasi Pengembangan Kepemimpinan Kepala Sekolah melalui Program Sekolah Penggerak (Studi Situs SDN Warungdowo I dan SDN Susukanrejo I Pohjentrek Kabupaten Pasuruan). Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pembahasan tentang Pengembangan Kepemimpinan Kepala Sekolah melalui Program Sekolah Penggerak di dua sekolah yakni SDN Warungdowo I Dan SDN Susukanrejo I. Kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran strategis dalam manajemen sekolah dan kepala sekolah merupakan salah satu faktor terpenting yang menunjang keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan sekolah yang telah ditetapkan. Kepala sekolah adalah pengelola satuan pendidikan yang bertugas menghimpun, memanfaatkan, mengoptimalkan seluruh potensi dan SDM, sumber daya lingkungan (sarana dan prasarana) serta sumber dana yang ada untuk membina sekolah dan masyarakat sekolah yang dikelolanya. Sehingga kepala sekolah yang berhasil apabila mereka memahami keberadaan sekolah sebagai organisasi yang kompleks dan unik, serta mampu melaksanakan fungsinya sebagai seorang yang diberi tanggung jawab untuk memimpin sekolah. Selanjutnya SDN Warungdowo I dan SDN Susukanrejo I melaksanakan sekolah penggerak yang terdiri dari 5 (lima) intervensi yang saling berkaitan satu sama lain. Intervensi tersebut antara lain : Pendampingan yang bersifat konsultatif dan asimetris. Program sekolah penggerak merupakan kerja sama antara Kemendikbud dan pemerintah daerah di mana Kemendikbud memberikan dampingan implementasi sekolah penggerak. Penguatan SDM sekolah Penguatan SDM sekolah termasuk kepada penguatan kepala sekolah, pengawas, penilik dan guru melalui program pelatihan dan pendampingan yang intens (coaching) one to one dengan pelatih ahli yang telah disiapkan oleh Kemendikbud. Konsep pembelajaran dengan paradigma baru. Konsep belajar dengan paradigma baru dibentuk berdasarkan prinsip pembelajaran yang terpisah sehingga setiap siswa belajar sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangannya. Rencana pembelajaran berbasis program dilakukan untuk memperbaiki kinerja para guru yang dilakukan melalui program pendataan yang terencana dan terstruktur. Dan digitalisasi sekolah bertujuan untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi penyelenggaraan kurikulum sekolah penggerak mengingat seiring perkembangan zaman hampir semua sekolah menggunakan metode pembelajaran berbasis digital. 
Institution Info

Universitas Gresik