DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (STUDI PADA SDN KEJAPANAN IV GEMPOL PASURUAN)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gresik
Author
Yustiono, Mamad Eko
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-07-29 08:51:40 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan di SDN Kejapanan IV Gempol Pasuruan. Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu mengenai implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan pembentukan karakter siswa. Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen pembentukan karakter peserta didik SDN Kejapanan IV Gempol Pasuruan yang meliputi perencanan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, studi dokumentasi dan triangulasi. Sumber data yang terlibat yaitu Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Dewan Guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan pembentukan karakter peserta didik di SDN Kejapanan IV Gempol Pasuruan dilakukan secara terpadu pada setiap kegiatan sekolah melalui tiga jalur utama, yaitu melalui kegiatan pembelajaran, melalui kegiatan ekstrakurikuler dan melalui kegiatan pembudayaan atau pembiasaan. Adapun manajemen pembentukan karakter ini meliputi: tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan dan tahap pengawasan. Pertama, tahap perencanaan dilaksanakan pada setiap awal tahun ajaran baru, dikembangkan berdasarkan visi dan misi, melibatkan semua guru, diintegrasikan ke dalam kurikulum 2013, disosialisasikan kepada seluruh warga madrasah, penerapan nilai-nilai karakter diintegrasikan ke dalam perencanaan pembelajaran, menyusun program kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pembudayaan dan pembiasaan. Kedua, tahap pengorganisasian dilakukan dengan adanya struktur organisasi sekolah yang menangani pelaksanaan pembentukan karakter, pembagian tugas guru yang menangani semua proses pembelajaran, pembagian tugas guru/pembina yang menangani kegiatan ekstrakulikuler, serta membentuk panitia atau penanggung jawab kegiatan yang menangani kegiatan pembudayaan atau pembiasaan. Ketiga, tahap pelaksanaan pembentukan karakter dalam kegiatan pembelajaran yaitu menjadikan peserta didik mengenal, menyadari dan menginternalisasi nilai-nilai karakter dan menjadikannya perilaku, kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan untuk mendukung pencapaian tujuan pembentukan karakter dengan menamankan nilai-nilai karakter dalam setiap kegiatan, pelaksanaan kegiatan pembudayaan atau pembiasaan menciptakan suasana atau iklim yang berkarakter melalui kegiatan di sekolah. Keempat, tahap pengawasan diantaranya yaitu melibatkan semua komponen sekolah, dilakukan dalam pengamatan perilaku siswa, evaluasi pencapaian perkembangan karakter diberikan melalui penilaian akademik yaitu nilai raport siswa. 
Institution Info

Universitas Gresik