Abstract :
Krisis moral dan karakter saat ini telah dialami oleh banyak siswa, hal itu
terjadi karena adanya dampak negatif dari arus globalisasi, program tahfidz AlQur?an menjadi salah satu upaya yang dilakukan di SD HSGTP Khoiru Ummah
untuk menumbuhkan dan mengembangkan karakter akhlak mulia siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program
tahfidz Al-Qur?an pada pengembangan karakter akhlak mulia siswa serta apa saja
faktor yang mendukung dan menghambat dalam terlaksananya kegiatan program
tersebut.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data
yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisa data dalam penelitian ini terdapat tiga tahapan yaitu: reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan program tahfidz AlQur?an terhadap pengembangan karakter siswa berakhlak mulia harus dapat
mencapai target yang direncanakan, mewujudkan metode pembelajaran yang tepat,
serta meningkatkan motivasi siswa dalam belajar menghafal ayat Al-Qur?an.
Temuan penelitian mengarah pada pelaksanaan program tahfidz Al-Qur?an yang dilakukan sesuai dengan perencanaan yang ditentukan sehingga dapat membentuk dan mengembangkan karakter religius, jujur, amanah, disiplin, percaya diri, pekerja
keras, dan mandiri. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui
pelaksanaan program tahfidz Al-Qur?an dapat mengembangkan karakter akhlak
mulia siswa.