Abstract :
Kemampuan kepala sekolah dalam menggerakkan sumber daya manusia di sekolah
masih terbatas. Kurangnya perhatian dan kepedulian kepala sekolah untuk
menggerakkan guru melakukan kegiatan-kegiatan di sekolah. Pengangkatan kepala
sekolah yang hanya mengedepankan pengalaman masa kerjanya sebagai guru
daripada kemampuan manajerial yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk
Mengetahui hubungan parsial kompetensi manajerial kepala sekolah dengan
kualitas Pendidikan dan hubungan parsial Profesionalisme Tenaga Pendidik
Terhadap Kualitas Pendidikan serta mengetahui hubungan simultan Kompetensi
Manajerial Kepala Sekolah dan Profesionalisme Tenaga Pendidik Terhadap
Kualitas Pendidikan di SMPN 4 Pasrepan - Kab. Pasuruan. Penelitian ini
menggunakan pengujian hipotesa atau testing research. Uraiannya mengandung
deskripsi, sebagai penelitian relasional fokusnya terletak pada penjelasan
hubungan-hubungan antar variabel. Dalam penelitian ini populasi dan sampel yang
menjadi sasaran adalah semua bapak dan ibu guru SMPN 4 Pasrepan - Kab.
Pasuruan. Manajerial Kepala Sekolah secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap kualitas pendidikan. Dilihat dari nilai thitung pada variabel Manajerial
Kepala Sekolah sebesar 2,076 dengan tingkat signifikan kurang dari 5% yaitu
0,047. Profesionalisme Tenaga Pendidik secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap kualitas pendidikan. Dilihat dari nilai thitung pada variabel Profesionalisme
Tenaga Pendidik sekolah sebesar 2,182 dengan tingkat signifikan kurang dari 5%
yaitu 0,38. Manajerial Kepala Sekolah dan Profesionalisme Tenaga Pendidik secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pendidikan. Dilihat nilai Fhitung
yang dihasilkan sebesar 9,974 dengan nilai signifikansi p = 0,001 lebih kecil dari
5%.