Abstract :
Kebutuhan sistem pendidikan pada era revolusi industry maka Kemendikbud
meresmikan kurikulum Merdeka Belajar. Pada prinsipnya tujuan merdeka belajar
diterapkan yaitu untuk menjawab tantangan pendidikan. Penelitian ini bertujuan
untuk mendiskripsikan hubungan antara implementasi kurikulum merdeka dan
produktivitas guru dan mengetahui hubungan antara pendidikan dan pelatihan
terhadap produktivitas guru serta hubungan antara implementasi kurikulum
merdeka, pendidikan dan pelatihan dengan produktivitas guru di SMP Negeri 1
Lekok Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesa atau testing research. Uraiannya
mengandung deskripsi, sebagai penelitian relasional fokusnya terletak pada
penjelasan hubungan-hubungan antar variabel. Alasan utama menggunakan
penelitian eksplanatory berhubungan dengan penelitian hipotesa yang dilakukan.
Populasi dalam penelitian ini adalah 45 guru pada tahun pelajaran 2022/2023 yang
seluruhnya dijadikan obyek dalam penelitian ini. Hipotesis ke-1 teruji yaitu ada
pengaruh secara parsial antara Implementasi Kurikulum Merdeka dengan
Produktifitas Guru di SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan. Nilai t-hitung
pada variabel Implementasi Kurikulum Merdeka yaitu sebesar 3,980 dengan
probabilitas sebesar 0,000 yang artinya secara parsial terdapat pengaruh positif
yang signifikan antara Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Produktifitas
Guru di SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan. Hipotesis ke-2 teruji yaitu ada
pengaruh secara parsial antara Pendidikan dan Pelatihan dengan Produktifitas Guru
di SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan. Dalam penilitian ini dihasilkan
bahwa uji pengaruh secara parsial yaitu nilai t-hitung pada variabel Pendidikan and
Pelatiha sebesar 4,821 dengan probabilitas sebesar 0,000 yang artinya secara parsial
terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Pendidikan and Pelatihan dengan
Produktivitas Guru di SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan. Hipotesis ke-3
teruji yaitu ada pengaruh secara simultan antara pengaruh Implementasi Kurikulum
Merdeka dan Pendidikan dan Pelatihan dengan Pendidikan dan Pelatihan di SMP
Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan hasil analisis regresi linier
berganda yaitu : Uji pengaruh secara simultan yaitu nilai F-hitung yang dihasilkan
sebesar 52,775 dengan probabilitas sebesar 0,000 yang berarti bahwa variabel
Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pendidikan dan Pelatihan berpengaruh
signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap Produktivitas Guru di SMP
Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan.