DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DENGAN PRODUKTIVITAS GURU DI SMP NEGERI 1 LEKOK KABUPATEN PASURUAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gresik
Author
Dodik Hartono, Dodik Hartono
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-08-03 07:03:55 
Abstract :
Kebutuhan sistem pendidikan pada era revolusi industry maka Kemendikbud meresmikan kurikulum Merdeka Belajar. Pada prinsipnya tujuan merdeka belajar diterapkan yaitu untuk menjawab tantangan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hubungan antara implementasi kurikulum merdeka dan produktivitas guru dan mengetahui hubungan antara pendidikan dan pelatihan terhadap produktivitas guru serta hubungan antara implementasi kurikulum merdeka, pendidikan dan pelatihan dengan produktivitas guru di SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesa atau testing research. Uraiannya mengandung deskripsi, sebagai penelitian relasional fokusnya terletak pada penjelasan hubungan-hubungan antar variabel. Alasan utama menggunakan penelitian eksplanatory berhubungan dengan penelitian hipotesa yang dilakukan. Populasi dalam penelitian ini adalah 45 guru pada tahun pelajaran 2022/2023 yang seluruhnya dijadikan obyek dalam penelitian ini. Hipotesis ke-1 teruji yaitu ada pengaruh secara parsial antara Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Produktifitas Guru di SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan. Nilai t-hitung pada variabel Implementasi Kurikulum Merdeka yaitu sebesar 3,980 dengan probabilitas sebesar 0,000 yang artinya secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Produktifitas Guru di SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan. Hipotesis ke-2 teruji yaitu ada pengaruh secara parsial antara Pendidikan dan Pelatihan dengan Produktifitas Guru di SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan. Dalam penilitian ini dihasilkan bahwa uji pengaruh secara parsial yaitu nilai t-hitung pada variabel Pendidikan and Pelatiha sebesar 4,821 dengan probabilitas sebesar 0,000 yang artinya secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Pendidikan and Pelatihan dengan Produktivitas Guru di SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan. Hipotesis ke-3 teruji yaitu ada pengaruh secara simultan antara pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pendidikan dan Pelatihan dengan Pendidikan dan Pelatihan di SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yaitu : Uji pengaruh secara simultan yaitu nilai F-hitung yang dihasilkan sebesar 52,775 dengan probabilitas sebesar 0,000 yang berarti bahwa variabel Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pendidikan dan Pelatihan berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap Produktivitas Guru di SMP Negeri 1 Lekok Kabupaten Pasuruan. 
Institution Info

Universitas Gresik