Abstract :
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti secara empiris pengaruh
kualitas pelayanan, persepsi konsumen dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan
konsumen Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Kabupaten Gresik.
Desain/ Metodologi/ Pendekatan: Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan populasi dan sampel penelitian menggunakan responden rawat
jalan dan rawat inap. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan
Regresion Ordinary Least Square (OLS) and Robust dengan Software Stata.
Software Stata merupakan salah satu prosedur penyelesaian Regresion yang
mempunyai tingkat fleksibilitas yang tinggi pada penelitian yang menghubungkan
antara teori dan data yang dapat dilakukan pada variabel dalam penelitian.
Temuan: Hasil temuan pertama secara empiris memberikan bukti bahwa kualitas
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil
temuan kedua secara empiris Persepsi Konsumen tidak berpengaruh negative dan
tidak singnifikas terhadap kepuasan konsumen. Hasil Temuan ketiga secara empiris
memberikan bukti bahwa fasilitas kesehatan berpengaruh positif dan singnifikan
terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan kualitas pelayanan, persepsi
konsumen dan fasilitas konsumen berpengaruh positif dan singnifikan terhadap
kepuasan konsumen Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Kabupaten Gresik
Implikasi Penelitian: Implikasi praktis hasil temuan secara empiris dapat
membantu pihak manajemen Rumah Sakit Umum Daerah maupun pemerintah
dalam mengembangkan kebijakan kualitas pelayanan, persepsi konsumen dan
fasilitas kesehatan terhadap kepuasan konsumen. Implikasi teoritis hasil penelitian
ini dapat menjelaskan konsep manajemen pemasaran. Implikasi kebijakan hasil
penelitian ini dapat memberikan bukti empiris bahwa kualitas pelayanan, persepsi
konsumen dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan konsumen.