Abstract :
Budaya organisasi adalah seperangkat asumsi atau sistem keyakinan, nilainilai, dan norma yang dikembangkan dalam organisasi yang dijadikan pedoman
bagi karyawan untuk bertindak dalam mengatasi berbagai masalah dan menjadi
pembeda antara orgainasi satu dengan organisasi lainnya. Tujuan penelitian ini
adalah menentukan hubungan budaya organisasi dengan kinerja karyawan di unit
pelayanan.
Penelitian ini menggunakan metode diskriptif korelasi dengan pendekatan
cross sectional dengan 25 sampel yang diambil total sampling. Dimana setiap
responden memenuhi kreteria inklusi. Pengumpulan data yang digunakan adalah
penyebaran kuesioner dengan jumlah 25 responden. Variabel independen dalam
Penelitian ini adalah Budaya Organisasi, dan variabel dependen adalah Kinerja
Karyawan pada Unit Pelayanan.
Hasil penelitian menunjukkan Budaya Organisasi dengan kreteria cukup,
sedangkan Kinerja dengan kreteria baik, didapatkan p = 0,035 ( ? ? 0,05 ) dan ( r =
0,369 ) bahwa Budaya Organisasi ada hubungan dengan kinerja karyawan pada
unit pelayanan dengan kategori rendah.
Sesuai yang diharapkan, Budaya Organisai dan Kinerja karyawan yang baik
akan membawa Rumah Sakit Ibu Anak Khodijah Sidayu sesuai yang diharapkan
dari pihak manajemen sesuai dengan visi dan misi Rumah Sakit.