Abstract :
Dalam usahanya untuk meningkatkan kredibilias, perusahaan perlu untuk meningkatkan
kualitas perusahaan, memahami persepsi dan meningkatkan kualitas pelayanan adalah
salah satunya. Untuk mencapai efektivitas, perusahaan perlu melakukan pengukuran dari
pelaksanaan meningkatkan reputasi. Pengukuran itu dapat dilakukan dengan
menggunakan indikator non finansial yaitu indeks keputusan pembelian. Rumusan
masalah yang di ajukan dalam penelitian ini apakah persepsi dan kualitas pelayanan
secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk emas
di UD Kathean Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh persepsi dan
kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk emas UD Kathean Gresik
secara parsial dan simultan. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen produk emas
UD Kathean Gresik yang berjumlah 125 responden. Metode pengambilan sampel
dilakukan dengan metode non- probability sampling dengan metode incidental sampling
adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah kuesioner (angket), dokumentasi dan wawancara. Metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas),
analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian
hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian
ini adalah Variabel persepsidan kualitas pelayanan secara simultan tidak berpengaruh
terhadap Keputusan Pembelian emas UD Kathean Gresik. Hal ini di buktikan dari nilai
Fhitung( ) >Ftabel ( ) dan tingkat signifikan t 0,482 lebih kecil dari alpha=0,05.