Abstract :
Penelitian ini berfokus pada loyalitas pelanggan berdasarkan kualitas pelayanan
dan kepuasan pelanggan PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik. Penelitian ini juga
bertujuan untuk menganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap
loyalitas pelanggan PDAM Giri tirta Kabupaten Gresik. Rumusan masalah yang
diajukan dalam penelitian ini apakah kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan
berpengaruh secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan
PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengatahui
pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan
PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik secara parsial dan Simultan. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan pengaduan di
kantor pusat PDAM Giri Tirta Kabupaten. Gresik. Sampel dilakukan dalam
penelitian ini sebanyak 100 Responden. metode yang digunakan Metode
pengambilan sampel dilakukan dengan metode non- probability sampling dengan
metode incidental sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan tidak
sengaja. Pengumpulan metode data yang digunakan.dalam.penelitian..ini.adalah
kuesioner..(angket). Wawancra terdokumentasi. Metode analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis
deskriptif.persentase, uji.asumsi..klasik., analisis,. Regresi.,. berganda., pengujian
hipotesis,, dan koefisien.. Determinasi, dengan menggunakan,SPSS.. Hasil dari
penelitian ini adalah Variabel Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan secara
simultan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan PDAM Giri Tirta Kabupaten
Gresik. Hal ini di buktikan dari nilai Fhitung(76,065) >Ftabel (3,09) dan tingkat
signifikan t 0,000 lebih kecil dari alpha=0,005