DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI STRATEGI MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Guslah III Purwodadi Pasuruan)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gresik
Author
Pujiastutik, Yuni
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-09-09 04:19:45 
Abstract :
Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama dari berbagai pihak, khususnya pihak sekolah dan pihak masyarakat atau orang tua siswa. Kerja sama yang solid biasanya tumbuh bersamaan dengan hubungan yang harmonis diantara kedua belah pihak. Oleh karena itu, peran manajemen hubungan masyarakat sangat diperlukan dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif yakni suasana harmonis baik dalam ruang lingkup internal maupun eksternal. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis 4 hal. Pertama, bagaimana tahap-tahap strategi manajemen humas dalam menjalin hubungan masyarakat di Guslah III Purwodadi Pasuruan. Kedua, bagaimana bentuk/jenis hubungan masyarakat di Guslah III Purwodadi Pasuruan. Ketiga, bagaimana strategi manajemen humas dalam menjalin hubungan masyarakat dalam peningkatan mutu sekolah di Guslah III Purwodadi Pasuruan. Keempat, bagaimana dampak strategi manajemen humas terhadap mutu pendidikan di Guslah III Purwodadi Pasuruan. Penelitian dilaksanakan di tiga situs dalam lingkup Guslah III Purwodadi Pasuruan, yaitu SDN Tambaksari III, SDN Pucangsari I dan SDN Capang II Purwodadi Pasuruan. Dalam metodenya peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi multikasus, sementara teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk melakukan analisa data, peneliti menggunakan teori analisis menurut Miles dan Huberman dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan, kemudian diadakan analisis lintas situs. Pada tahap pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan metode triangulasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tahap-tahap strategi manajemen humas dalam menjalin hubungan masyarakat di Guslah III Purwodadi Pasuruan adalah (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, dan (c) evaluasi. 2) Bentuk/jenis hubungan masyarakat di Guslah III Purwodadi Pasuruan ada 4 jenis, yaitu, a) edukatif, b) kultural, c) institusional dan d) sosial. 3) Teknik/Strategi manajemen humas dalam menjalin hubungan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Guslah III Purwodadi Pasuruan menerapkan 4 teknik antara lain: a) tertulis, b) lisan, c) peragaan dan d) elektronik. 4) Mutu pendidikan dari kedua sekolah ini sudah memenuhi kriteria standart minimum sekolah yang bermutu yakni adanya keseimbangan input, proses, dan output. Namun di satu sekolah lainnya masih menghadapi tantangan dalam memenuhi standar minimum mutu pendidikan. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwasanya: dalam penerapan strategi manajemen humas sangat diperlukan adanya kerjasama dengan berbagai pihak khususnya Kepala sekolah, guru humas, dan operator. Sedangkan dalam menjalin kerjasama dengan pihak eksternal manajemen humas harus memiliki strategi khusus agar bisa diterima oleh pihak eksternal. Dalam hal ini manajemen humas kedua lembaga ini menggunakan prinsip utama yakni saling menguntungkan diantara kedua belah pihak atau hubungan yang bersifat simbiosis mutualisme. Pada lembaga satunya masih belum 
Institution Info

Universitas Gresik