DETAIL DOCUMENT
MENANAMKAN BUDAYA BACA SEJAK DINI DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRESTASI ANAK DIDIK DI SMK NEGERI 1 SARIREJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gresik
Author
Huda, Khoirul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-09-09 04:59:45 
Abstract :
Budaya membaca yang baik merupakan kunci keberhasilan semua pelajaran di sekolah. Membaca bukanlah sekadar aktivitas melihat huruf. Membaca merupakan usaha individu yang peka terhadap kebutuhan informasi dan perkembangan ilmu. Kegiatan membaca merupakan aktivitas yang melibatkan fisik, pikiran, dan emosi. Oleh karena itu, budaya membaca di kalangan siswa menjadi sangat diperlukan dalam aktivitas belajar. Salah satu dampak langsung dari kegiatan membaca adalah prestasi belajar bahasa Indonesia yang memadai. Prestasi belajar bahasa Indonesia yang diperoleh siswa menjadi cermin kemudahan siswa dalam memahami materi pelajaran yang diberikan yang berbasis kebiasaan membaca. Kemudahan tersebut bersumber dari proses belajar yang tidak hanya mengandalkan aktivitas belajar formal di kelas, tetapi didukung oleh budaya membaca yang melekat dalam diri siswa. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana budaya membaca di SMK Negeri 1 Sarirejo Kabupaten Lamongan; (b) bagaimana peran guru dalam meningkatkan budaya membaca di SMK Negeri 1 Sarirejo Kabupaten Lamongan; dan (c) bagaimana prestasi anak didik di SMK Negeri 1 Sarirejo Kabupaten Lamongan. Adapun pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif.Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisir, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, baik melalui analisis dalam situs, dalam rangka menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Kredibilitas data di cek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, dan diskusi teman sejawat. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh positif antara budaya baca terhadap prestasi belajar, pengaruh budaya baca terhadap prestasi belajar diawali dengan perencanaan(Program Kerja), motivasi dan Pelaksanaan yang sesuai dengan kondisi warga sekolah. 
Institution Info

Universitas Gresik