DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER STUDI MULTI SITUS PADA SMP NEGERI 2 RENGEL DAN SMP NEGERI 2 WIDANG KABUPATEN TUBAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gresik
Author
Suwarko, Siswo
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-09-12 04:10:11 
Abstract :
Lingkungan belajar adalah suatu tempat yang berfungsi sebagai wadah atau lapangan terlaksananya proses belajar mengajar atau pendidikan. Menurut Huta barat (1986) lingkungan belajar yaitu lingkungan yanga alami dan lingkungan sosial, lingkungan alami meliputi keadaan suhu dan kelembapan udara, sedangkan lingkungan sosial dapat berwujud manusia. Menurut Dun dan dun (1999) kondisi belajar atau lingkungan belajar dapat mempengaruhi konsentrasi dan penerimaan informasi bagi siswa. Beberapa masalah yang timbul mengindikasikan bahwa kebijakan pendidikan karakter yang dibuat pemerintah belum terealisasi sebagaimana yang diharapkan.Karena itulah menarik untuk mempertanyakan dan menelusuri sejauh manasekolah sebagai lembaga pendidikan formal dapat menjalankan perannya dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan karakter. Bagaimana mengelola pendidikan karakter di lingkungan sekolah. Penelitian ini bermaksud mengungkap lebih mendalam tentang pengaruh manajemen pembelajaran lingkungan terhadap peningkatan karakter pada SMP Negeri 2 Rengel dan SMP Negeri 2 Widang Kabupaten Tuban, yang memiliki karakteristik budaya yang berbeda, baik nilai yang dianut, maupun cara meningkatkan mutu pendidikan. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana manajemen pembelajaran lingkungan di SMP Negeri 2 Rengel dan SMP Negeri 2 Widang Kabupaten Tuban; (b) bagaimana peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran lingkungan di SMP Negeri 2 Rengel dan SMP Negeri 2 Widang Kabupaten Tuban; dan (c) bagaimana karakter siswa di SMP Negeri 2 Rengel dan SMP Negeri 2 Widang Kabupaten Tuban. Adapun pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Kredibilitas data di cek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, dan diskusi teman sejawat. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor. 
Institution Info

Universitas Gresik