DETAIL DOCUMENT
SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (Pada SDN Demangan 1 dan SDN Demangan 2 Kabupaten Bangkalan)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gresik
Author
Soedhewo, Decky
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-09-13 01:49:41 
Abstract :
Supervisi kepala sekolah bagian dari supervisi pendidikan yang berlangsung berada dalam lingkup kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, sehingga ditunjukkan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran. Supervisi kepala sekolah adalah bantuan profesional kepada guru, melalui siklus perencanaan yang sistematis, pengamatan yang cermat dan umpan balik yang obyektif, sehingga cara itu guru dapat menggunakan balikan tersebut untuk memperbaiki kinerja mengajarnya. Program supervisi kepala sekolah berprinsip kepada proses pembinaan guru yang menyediakan motivasi yang kaya bagi pertumbuhan kemampuan profesionalnya dalam mengajar. Ia menjadi bagian yang integral dalam usaha penigkatan mutu sekolah dan mutu pembelajaran. Penelitian ini bermaksud mengungkap lebih mendalam tentang supervisi kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran pada SDN Demangan 1 dan SDN Demangan 2 Kabupaten Bangkalan, yang memiliki karakteristik budaya yang berbeda, baik nilai yang dianut, maupun cara meningkatkan mutu pendidikan. Fokus dari penelitian ini tertuju pada tiga hal, yaitu (a) bagaimana supervisi kepala sekolah di SDN Demangan 1 dan SDN Demangan 2 Kabupaten Bangkalan; (b) bagaimana cara kepala sekolah melakukan supervisi di SDN Demangan 1 dan SDN Demangan 2 Kabupaten Bangkalan; dan (c) bagaimana mutu pembelajaran di SDN Demangan 1 dan SDN Demangan 2 Kabupaten Bangkalan. Adapun pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Orientasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisir, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang, baik melalui analisis dalam situs maupun analisis lintas situs, dalam rangka menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian.Temuan penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa : (1) Supervisi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah menggunakan metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang disepakati. (2) Proses pembelajaran yang merupakan gambaran umum dari mutu pembelajaran dilaksanakan oleh guru menggunakan metode learning by doing. (3) Hasil evaluasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah baik dan ada yang perlu diperbaiki kelengkapan administrasi. 
Institution Info

Universitas Gresik