DETAIL DOCUMENT
MODEL KETERAMPILAN MANAJERIAL DAN KETERAMPILAN SOSIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI GUGUS SEKOLAH III GEMPOL PASURUAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gresik
Author
Mujiati, Mujiati
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-09-14 00:53:31 
Abstract :
Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia diperlukan peningkatan mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan peningkatan profesionalisme guru karena guru memiliki tugas utama sebagai pengajar dan pendidik. Untuk meningkatkan profesionalisme guru diperlukan kepala sekolah yang memiliki keterampilan manajerial dan keterampilan sosial yang baik yang dapat mengarahkan, membimbing, melatih, mengkoordinasi seluruh kegiatan sekolah. kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan kewajiban membutuhkan keterampilan-keterampilan untuk dapat menjalin kerja sama dengan guru dan karyawan sekolah, menjalin komunikasi, dan mengevaluasi kinerja guru untuk mengembangkan profesionalisme guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di Gugus Sekolah III Gempol, dilihat dari hasil uji t yaitu t-hitung yang dihasilkan sebesar 5,979 yang lebih besar dari t-tabel dengan tingkat signifikan kurang dari 5% yaitu 0,000 dan besar pengaruh yang dihasilkan dari model keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru adalah 40,70%; (2) terdapat pengaruh model keterampilan sosial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di Gugus Sekolah III Gempol, dilihat dari hasil uji t yaitu t-hitung yang dihasilkan sebesar 5,406 yang lebih besar dari t-tabel dengan tingkat signifikan kurang dari 5% yaitu 0,000 dan besar pengaruh yang dihasilkan dari model keterampilan sosial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru adalah 36%; dan (3) terdapat pengaruh secara simultan antara model keterampilan manajerial dan keterampilan sosial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di Gugus Sekolah III Gempol, dilihat dari hasil uji F yaitu diperoleh F-hitung yang dihasilkan sebesar 244,817 yang lebih besar dari F-tabel dengan nilai signifikasi 0,000 di bawah 5%. Besar pengaruh yang dihasilkan dari model keterampilan manajerial dan keterampilan sosial kepala sekolah terhadap profesionalisme guru adalah 90,4%. 
Institution Info

Universitas Gresik