DETAIL DOCUMENT
EVALUASI PELAYANAN PASAR PADA KANTOR UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PASAR WILAYAH II DINAS PERDAGANGAN KABUPATEN KULON PROGO
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Suyanto, Edi
Purwadi, Didik
Priyastiwi, Priyastiwi
Subject
Manajemen Keuangan Publik 
Datestamp
2019-10-29 04:18:31 
Abstract :
Dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance) dibidang pelayanan pasar diperlukan suatu evaluasi. Evaluasi sendiri adalah suatu proses identifikasi untuk mengukur/menilai apakah suatu kegiatan atau program yang dilaksanakan sesuai perencanaan atau tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana pelayanan pasar pada kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Wilayah II Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dengan menggunakan Metode kualitatif deskriptif dimana peneliti memberikan gambaran mengenai pelaksanaan implementasi kebijakan tentang pelayanan pasar salah satunya adalah pemungutan retribusi pasar. Adapun yang menjadi sampel penelitian sejumlah 30 responden yang tersebar 5 pasar untuk masing-masing pasar terdiri dari 6 Orang yaitu 1 petugas pemungut dan 5 pedagang pasar dengan rincian pasar sebagai berikut : Pasar Sentolo, Pasar Jombokan, Pasar Clereng, Pasar Kenteng dan Pasar Nanggulan. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut : 1.Kualitas dan pelayanan petugas Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Wilayah II Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo berdasarkan deskripsi tingkat kesesuaian harapan variable variabel yang dominan adalah assurance dengan nilai rata rata 3,78 (sangat penting) dan Emphaty dengan nilai 3,76 (sangat penting). 2.Kualitas dan pelayanan petugas Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Wilayah II Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo berdasarkan deskripsi tingkat kesesuaian kinerja variabel yang dominan adalah Variabel Assurance dengan nilai 3,77 (sangat memuaskan). 3.Hasil pembahasan rata-rata yang diperoleh dari variable tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty antara harapan dan kinerja responden Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Wilayah II Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo rata-rata GAP yaitu 0,15 termasuk sangat puas. Kata kunci: pelayanan pasar, UPT pasar 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha