DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) AYAH II KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Sugito, Sugito
Widayat, Wahyu
Widiastuti, Nur
Subject
Manajemen Rumah Sakit 
Datestamp
2021-03-24 04:10:22 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk membuat rencana untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik Puskesmas Ayah II Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen tahun 2018/2019. Penelitian ini dilakukan terhadap pasien Puskesmas Ayah II Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini dengan membagikan kuesioner survei kepuasan masyarakat kepada pasien puskesmas. Analisa data pada penelitian ini menggunakan Indeks Kepuasan Pelanggan (IKM). Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa Puskesmas Ayah II Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen telah melaksanakan pelayanan publik kepada masyarakat, namun belum memuaskan masyarakat, ini terlihat dari nilai IKMnya termasuk dalam kategori kurang baik. Masih banyak yang harus diperbaiki, terutama dalam unsur kegiatan pelayanan dan pelaksana pelayanan. Upaya untuk memperbaiki pelayanan publik Puskesmas Ayah II Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen adalah dengan melakukan pembinaan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia selain juga mencukupi fasilitas yang mendukung pelayanan,komunikasi yang lebih baik antara Kepala Puskesmas sebagai manager Puskesmas dengan pegawai. Hendaknya pimpinan (Kepala Puskesmas) meningkatkan pembinaan dan memotivasi semua pegawai Puskesmas Ayah II Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen untuk memberikan pelayanan kepada pasien dengan sebaik-baiknya. Kata Kunci: Survei Kepuasan Masyrekat, Indeks Kepuasan Masyarakat, Puskesmas Ayah II. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha