DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KINERJA KEPALA SEKOLAH MELALUI SUPERVISI MANAJERIAL DENGAN PENDEKATAN DIREKTIF DI GUGUS KRATON YOGYAKARTA TAHUN 2019
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Khuzaimah, Khuzaimah
Purwanto, Wahyu
Sulastiningsih, Sulastiningsih
Subject
Manajemen Pendidikan 
Datestamp
2020-06-11 03:27:21 
Abstract :
Penelitian ini berjudul: Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah melalui Supervisi Manajerial dengan Pendekatan Direktif Di Gugus Kraton Kota Yogyakarta Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, sebab jenis penelitian ini ingin memperoleh data yang mendalam dari data yang direkam melalui Pendekatan direktif. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah di Gugus Kraton Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview (wawancara), angket tertutup dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja kepala Sekolah di Gugus Kraton Yogyakarta, dan bagaimana keterlibatan guru dan karyawan dalam tim kerja. Didasari oleh keadaan data awal hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah di Gugus Kraton Kota Yogyakarta yang dilakukan pada periode Januari sampai Desember 2018, menghasilkan nilai terrendah 76,57, nilai tertinggi 82,06, dan rata-rata nilai kinerja 80,20 dengan kriteria sebutan baik batas bawah, belum sesuai yang diharapkan peneliti karena belum ada yang mendapatkan nilai Amat Baik atau di atas 91,0. Hal ini disebabkan karena masih kurang lengkapnya bukti fisik yang harus disajikan. Kurang lengkapnya dokumen bukti fisik tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman terhadap kelengkapan instrument setiap komponen. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan nilai kinerja kepala sekolah di Gugus Kraton Kota Yogyakarta; Berdasarkan hasil pelaksanaan kinerja pada semua sekolah dasar di Gugus Kraton Kota Yogyakarta pada Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 orang kepala sekolah, 30 orang guru kelas, 10 orang guru mata pelajaran, dan 5 orang karyawan sekolah. ternyata terjadi peningkatan kinerja kepala sekolah yang signifikan. Peningkatan rata-rata nilai kinerja yaitu dari 80,20 pada kondisi awal, kondisi rata-rata hasil siklus I meningkat menjadi 83,39, setelah dilakukan kegiatan pada siklus II meningkat menjadi 89,01 atau kriteria baik batas atas, Ada kenaikan poin nilai 8,81, sebagai bukti adanya indikator keberhasilan kinerja kepala sekolah yang diharapkan di Gugus Kraton Kota Yogyakarta. Kata kunci: kinerja kepala sekolah, supervisi manajerial, pendekatan direktif. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha