DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PESERTA KARTU INDONESIA SEHAT DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) PADURESO KABUPATEN KEBUMEN
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Guntoro, Guntoro
Widayat, Wahyu
Widiastuti, Nur
Subject
Manajemen Rumah Sakit 
Datestamp
2021-03-24 04:01:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan menyusun upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan terhadap peserta Kartu Indonesia Sehat di Puskesmas Padureso Kabupaten Kebumen. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan masukan bagi pimpinan serta pegawai Puskesmas Padureso Kabupaten Kebumen untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan menurut standar IKM dan faktor- faktor yang mempengaruhinya, maka tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang didasarkan pada data kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah: hasil wawancara dengan pasien Puskesmas Padureso. Prosedur pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuisioner. Dalam penelitian ini teknik analisis datanya dilakukan dengan menggunakan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang masing-masing unsur pelayanan. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan pada peserta Kartu Indonesia Sehat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Padureso Kabupaten Kebumen belum baik. Hal ini terbukti dari hasil penelitian menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat yang menunjukkan bahwa indeks pelayanan di Puskesmas Padureso berada di angka 2,67. Ini berarti mutu pelayanan berpredikat ?B? dan kualitas unit layanan baik. Namun, masih ada 4 indikator yang masuk dalam kategori kurang baik, sehingga perlu adanya pembenahan dalam hal pelayanan, yaitu reliabilitas, responsivitas, kredibilitas, dan keamanan. Upaya untuk upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada peserta Kartu Indonesia Sehat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Padureso Kabupaten Kebumen adalah dengan meningkatkan indikator layanan yang belum baik, reliabilitas, responsivitas, kredibilitas, dan keamanan. Petugas Puskesmas supaya memberikan pelayanan prima pada pasien demi menjaga kepercayaan masyarakat akan pelayanan di Puskesma Padureso. Kata Kunci: Kualitas pelayanan Kesehatan, Puskesmas Padureso, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha