DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BAGI PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT AMBAL I KABUPATEN KEBUMEN
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Ekosulistiyono, Aris
Widayat, Wahyu
Widiastuti, Nur
Subject
Manajemen Rumah Sakit 
Datestamp
2019-11-19 08:33:28 
Abstract :
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan dengan tujuan untuk memproteksi seluruh masyarakat dengan premi terjangkau dan dengan coverage lebih luas untuk seluruh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan dan menilai tingkat kepuasan pelanggan pada Puskesmas Ambal I Kebumen untuk mengetahui aspek-aspek yang perlu dipertahankan dan aspek-aspek yang menjadi prioritas untuk diperbaiki. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Kuesioner disebar kepada 150 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif-kuantitatif Menunjukkan bahwa secara keseluruhan temuan hasil penelitian kualitas kinerja pelayanan Puskesmas Ambal I kepada peserta BPJS dapat dikategorikan baik. Akan tetapi, beberapa aspek masih harus diperbaiki, walaupun beberapa aspek lainnya sudah memperlihatkan kinerja yang bagus. Beberapa aspek yang kinerjanya sudah baik adalah prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan dan kenyamanan lingkungan. Kemudian beberapa aspek lainnya yang masih harus diperbaiki kinerjanya antara lain : kedisiplinan petugas pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan dan keamanan lingkungan pelayanan. Kata kunci : Jelas, sederhana, jujur, mampu, kualitas pelayanan 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha