Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Armanda, Priedtelen Roni
Putro, Khamim Zarkasih
Sulastiningsih, Sulastiningsih
Subject
Manajemen Pendidikan
Datestamp
2020-06-10 05:46:02
Abstract :
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan media foto selfie dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis puisi; (2) penggunaan media foto selfie pada materi menulis puisi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 8 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik sederhana yaitu teknik analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat Pra Siklus dari 8 siswa hanya ada 2 siswa (25%) saja yang tuntas. Kemudian penulis melakukan perbaikan pembelajaran Siklus I dan hasilnya 4 siswa atau 50% yang sudah memenuhi (Kriteria Ketuntasan Minimal ) KKM dengan kata lain masih ada 4 siswa yang belum tuntas, untuk itu peneliti mengadakan perbaikan pembelajaran lagi dengan mengadakan Siklus II. Pada siklus II ini hasil tes formatif siswa kelas V SD Negeri Temon III Arjosari Pacitan meningkat menjadi 7 siswa atau 87,5% yang memenuhi (Kriteria Ketuntasan Minimal) KKM. Sedangkan 1 siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 60 dinyatakan tidak tuntas dan perlu dilaksanakan tindak lanjut berupa pemberian tugas.
Kata Kunci: Media Foto Selfie, Prestasi Belajar, Puisi