DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi STIE Widya Wiwaha Yogyakarta dan Un
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Octaviana, Youlanda Fajar
Hamid, Mudasetia
Subject
Akuntansi Manajemen 
Datestamp
2020-04-23 05:06:26 
Abstract :
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan pada mahasiswa Akuntansi STIE Widya Wiwaha Yogyakarta dan Universitas PGRI Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi. Sampel diambil menggunakan teknik purposive samping. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 131 mahasiswa yang terdiri dari 68 mahasiswa akuntansi STIE Widya Wiwaha dan 63 mahasiswa akuntansi Universitas PGRI Yogyakarta. Sebelum melakukan pengambilan data terlebih dahulu dilakukan uji instrumen penelitian yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji linearitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan Intelektual tidak berpengaruh positif terhadap terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien regresi bernilai negatif sebesar -0,151. Nilai t hitung -1,285 < t tabel 1,978 dan nilai signifikansinya sebesar 0,201 > 0,05. (2) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,319. Nilai t hitung 3,720 > t tabel 1,978 dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. (3) Kecerdasan Spiritual tidak berpengaruh positif terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,086. Nilai t hitung 1,053 < t tabel 1,978 dan nilai signifikansinya sebesar 0,294 > 0,05. (4) Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,391. Nilai t hitung 6,616 > t tabel 1,978 dan nilai disignifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kode Etik Profesi Akuntan, Perilaku Etis 

Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha