Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Elyta, Erminda Katon
Subkhan, Muhammad
Subject
Manajemen Pemasaran
Datestamp
2020-05-06 05:51:55
Abstract :
Persaingan global di era 4.0 ini menuntut setiap instansi untuk melakukan
perbaikan dan inovasi serta peningkatan kuliatas atau mutu pada produknya.
Produk yang dimaksud dapat berupa barang dan jasa. Tak lepas dari itu, institusi
perguruan tinggi pun dituntut untuk dapat meningkatkan mutu dan kualitas
pelayanan jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana
kualitas pelayanan jasa pendidikan yang diberikan oleh Institut Teknologi
Yogyakarta (ITY) khususnya pada program studi Teknik Lingkungan (TL).
Dimensi kualitas yang terdiri dari bukti fisik (tangible), empati (empathy), daya
tanggap (responsiveness), keandalan (reliability), dan kepastian (assurance)
apakah dapat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam hal ini mahasiswa.
Penelitian ini melibatkan 90 orang responden mahasiswa yang masih aktif terdiri
dari semua angkatan, mulai dari angkatan 2016 sampai dengan 2019. Teknik
pengambilan sample menggunakan simple random sampling. Metode penelitian
yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) yang ditambah
dengan Customer Satisfaction Index (CSI). Dari hasil penelitian yang dihitung
menggunakan IPA menunjukan angka sebesar 96,94% yang artinya kinerja ITY
telah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh mahasiswa. Hasil pemetaan pada
diagram kartesius menunjukkan ada 5 titik pada kuadran A yang menjadi fokus
utama dan harus diperbaiki serta ditingkatkan oleh ITY. Kelima fokus titik utama
tersebut adalah ketersediaan media yang digunakan untuk perkuliahan,
kenyamanan ruang kelas, area parkir kendaraan dan sarana umum, penyampaian
informasi akademik secara real time online, kepastian jadwal perkuliahan, adanya
aturan dan kebijakan yang jelas. Hasil perhitungan CSI menunjukkan nilai sebesar
78,93% yang masuk pada kriteria ?Baik? artinya bahwa mahasiswa telah merasa
puas dengan kinerja dan pelayanan jasa pendidikan ITY.
Kata kunci: dimensi kualitas jasa, kualitas jasa pendidikan, IPA, CSI, ITY,
dan kepuasan konsumen.