DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI EDOTEL KENARI YOGYAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Wahyuningsih, Wahyuningsih
Chasanah, Uswatun
Mathori, Muhammad
Subject
Manajemen Pemasaran 
Datestamp
2020-06-18 07:34:29 
Abstract :
Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan para pelaku bisnis di bidang jasa perhotelan. Education Hotel Kenari adalah salah satu Edotel yang ada di Yogyakarta saat ini. Edotel Kenari harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumennya. Edotel Kenari harus membuat beberapa perbaikan yang dapat meningkatkan kepuasan konsumennya. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Non Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 65 orang pelanggan dari Edotel Kenari Yogyakarta dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,294 X1 + 0,323 X2 + 0,244 X3 Dimana variabel Kepuasan Pelanggan (Y), variabel Kualitas Pelayanan (X1), variabel Harga (X2), dan variabel Lokasi (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan bepengaruh secara parsial terhadap variabel dependen kepuasan konsumen. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen Kepuasan Pelanggan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,584 menunjukkan bahwa 58,4 persen variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 41,6 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi dan Kepuasan Konsumen 

Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha