Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Irna, Irna
Mathori, Muhammad
Subject
Manajemen Pemasaran
Datestamp
2020-08-04 03:18:50
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan
(bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) pada kepuasan
pelanggan studi kasus pada mahasiswa reguler malam STIE Widya Wiwaha
Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi
dalam penelitian ini adalah mahasiswa reguler malam STIE Widya Wiwaha
Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purpose sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner yang telah diuji validasi dan reliabilitasnya. Teknik analisis data
menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 variabel yang berpengaruh
positif dan signifikan pada kepuasan pelanggan, yakni variabel jaminan memiliki
nilai t hitung sebesar 2,683 dengan nilai signifikansi sebesar (0,009 ? 0,05), dan
variabel empati memiliki nilai t hitung sebesar 3,852 dengan nilai signifikansi
sebesar (0,000 ? 0,05). Sedangkan variabel bukti fisik, keandalan dan daya
tanggap tidak berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji F
variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan pelanggan dengan nilai F hitung
sebesar 22,431 dengan nilai signifikansi sebesar (0,000 ? 0,05) serta koefisien
determinasi yakni 0,520 yang berarti bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh
variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati sebesar 52%
sedangkan sisahnya 48% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada pada
penelitian ini.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap,
Jaminan, Empati dan Kepuasan Pelanggan