DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA MENGGUNAKAN PERPUSTAKAAN DI STIE WIDYA WIWAHA YOGYAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Rokhim, Abdul
Zuraida, Lukia
Subject
Manajemen Pemasaran 
Datestamp
2018-04-02 05:42:38 
Abstract :
Tingginya kebutuhan mahasiswa terkait sumber-sumber ilmu dan referensi menjadi alasan yang kuat untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan Perpustakaan STIE Widya Wiwaha. Perkembangan teknologi yang semakin maju juga menjadi sebuah tantangan bagi unit penyedia jasa informasi ini untuk terus membenahi sistem informasi yang telah tersedia.membentuk suatu perpustakaan yang dapat memuaskan mahasiswa akan keinginan dan harapan pengunjung tidaklah mudah,karena dalam pelaksanaannya sering terjadi masalah yang berbeda-beda. Permasalahan baik sarana dan prasarasan hingga sumber daya manusia juga terjadi. Melalui pendekatan dimensi kualitas pelayanan terbagi menjadi lima faktor yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati diharapkan dapat memilah apakah posisi perpustakaan ini sudah memuaskan mahasiswa atau belum. Mengelompokan indikator-indikator yang ada dilapangan sesuai dengan lima dimensi kualitas layanan/jasa, kemudian melakukan menyebar kuesioner terhadap mahasiswa STIE Widya Wiwaha yang pernah menggunakan perpustakaan pada jam dan hari yang sudah ditentukan. Pengambilan dilakukan secara acak serta bebas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sejauh ini pelayanan yang diterima pengunjung belum memuaskan secara merata. Hal ini dilihat dari hasil pengujian analisis linier berganda menunjukan bahwa bukti fisik memiliki nilai signifikan sebesar 0.00, keandalan memiliki nilai signifikan sebesar 0.890, Daya Tanggap memiliki nilai signifikan sebesar 0.064, Jaminan memiliki nilai signifikan sebesar 0.404, Empati memiliki nilai signifikan sebesar 0.000. Tidak semua variabel memiliki pengaruh yang signifikan karena memiliki nilai lebih dari 0.05. meskipun hasil penelitian menunjukan kepuasan yang tidak merata, alangkah baiknya kualitas pelayanan terus ditingkatkan agar kepuasan mahasiswa dapat dirasakan secara maksimal. Kata kunci: Perpustakaan dimensi kualitas jasa 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha