DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN AKSES DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA APLIKASI BUKALAPAK DI UMBULHARJO (Studi Pada Masyarakat di Umbulharjo)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
S, Eva Fikria
Subkhan, Muhammad
Subject
Manajemen Sumber Daya Manusia 
Datestamp
2022-01-11 07:13:13 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Akses dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Aplikasi Bukalapak di Kalangan Masyarakat Umbulharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pengguna Aplikasi Bukalapak yang tinggal di Wilayah Umbulharjo dan pernah melakukan pembelian di Aplikasi Bukalapak. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang dihitung berdasarkan rumus berjumlah -- responden tapi responden yang terkumpul sebanyak 100 responden. Data penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online google form dengan link (https://bit.ly/kuisBLfu ), yang disebar melalui whatsApp. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Reliabilitas, Uji t, Uji F, Regresi Linear Berganda, Uji Koefisien Korelasi (R), dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana nilai signifikan 0.026 < 0.05. Variabel Kemudahan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana nilai signifikan 0.000 < 0.05. Variabel Persepsi Risiko berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana nilai signifikan 0.023 < 0.05. Sedangkan secara simultan diketahui bahwa variabel Kepercayaan, Kemudahan dan Persepsi Risiko berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dimana nilai signifikan 0.000 < 0.05. Selain itu hasil perhitungan R Square Kepercayaan, Kemudahan dan Persepsi Risiko 0.562 atau 56.2% terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan sisanya sebesar 43.8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kepercayaan, Kemudahan, Persepsi Risiko, Keputusan Pembelian. 

Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha