Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Rukmawati, Yuni
Sutikno, Bayu
Chasanah, Uswatun
Subject
Manajemen Pemasaran
Datestamp
2018-10-08 08:51:37
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi untuk mendapatkan gambaran mengenai persepsi konsumen/pasien terhadap pelayanan jasa di 4 (empat) rumah sakit di Yogyakarta, yakni Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Udara (RSPAU) dr. S. Hardjolukito, Rumah Sakit Bethesda, Rumah Sakit Panti Rapih, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yogyakarta. Persepsi awal konsumen/pasien didapatkan melalui instrumen pra survey pada 10 orang konsumen/pasien yang pernah mendapatkan jasa pelayanan di empat rumah sakit tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Udara (RSPAU) dr. S.Hardjolukito diantara ke 3 rumah sakit pesaing berdasarkan atribut pelayanan dan fasilitas ditinjau dari persepsi konsumen/pasien.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara purposive sampling kepada pasien di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Udara (RSPAU) dr. S.Hardjolukito yang pernah mendapatkan pelayanan pada ke 4 rumah sakit yang diteliti. Teknik analisis data menggunakan bantuan analisis SPSS 2.3.
Simpulan dari penelitian ini menyebutkan bahwa posisi Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Udara (RSPAU) dr. S. Hardjolukito berada pada urutan pertama diantara ke 3 rumah sakit lainnya ditinjau dari atribut pelayanan dan fasilitas rumah sakit.