DETAIL DOCUMENT
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 KECEMEN, MANISRENGGO, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Saputra, Dedi Rizkia
Halim, Abdul
Hamid, Mudasetia
Subject
Manajemen Pendidikan 
Datestamp
2018-10-08 10:02:12 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui metode role playing siswa kelas III SD Negeri 2 Kecemen, Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 14 siswa dan objeknya adalah pembelajaran IPS siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari bertambahnya aktifitas belajar siswa yang berdampak pada ketuntasan belajar siswa dari rata-rata nilai pada data awal siswa yaitu 54 dan memiliki ketuntasan belajar sebesar 50% dan pada akhir siklus pertama nilai rata-rata siswa menjadi 67 dengan ketuntasan belajarnya menjadi 71% dan pada akhir siklus kedua nilai rata-rata siswa naik menjadi 76 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 85,7%. Selain dari meningkatnya hasil belajar, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas juga ikut mengalami peningkatan. Kata kunci : hasil belajar IPS, metode pembelajaran role playing 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha