Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Rahayuningsih, Puji
Widayat, Wahyu
Suhartono, Suhartono
Subject
Manajemen Pendidikan
Datestamp
2018-10-09 06:45:46
Abstract :
Kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri I Prambanan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah selama ini belum optimal. Selama ini masih ada beberapa guru yang belum melaksanakan proses pembelajaran secara sistematis, mulai perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan strategi yang tepat dalam upaya peningkatan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri I Prambanan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif, yakni sebuah desain yang memberi kemudahan untuk merekam, memantau dan mengikuti proses suatu peristiwa atau kegiatan sebuah organisasi sebagaimana adanya dalam suatu kurung waktu tertentu dan selanjutnya diinterpretasikan untuk menjawab masalah penelitian. Teknik Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Supervisi akademik sangat beperan dalam meningkatkan profesionalisme dan kinerja guru yang berkaitan dengan kegiatan akademik (pengajaran); (2) Untuk meningkatkan kinerja guru, perlu dilakukan supervisi dalam pembuatan PTK karena PTK sangat penting dilakukan oleh guru untuk meningkatkan profesionalisme dan kinerja, juga bisa digunakan sebagai sarana belajar membuat karya ilmiah yang bisa mendukung karir; (3) EDS sangat diperlukan sekolah untuk mengenali Kekuatan, kelemahan, keunggulan, dan kekurangannya sehingga sekolah bisa menentukan kebijakan yang dituangkan dalam RKJM, RKT, dan RKAS serta diimplementasikan dalam kegiatan sekolah.
Kata Kunci: Strategi, Peningkatan, Kinerja.