Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Rintensih, Rintensih
Widayat, Wahyu
Suhartono, Suhartono
Subject
Manajemen Pendidikan
Datestamp
2018-10-09 06:48:53
Abstract :
Prestasi belajar mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 2 Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul masih terdapat siswa yang belum mencapai nilai KKM yang sudah ditetapkan dewan sekolah, yaitu 75. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan metode pembelajaran mind mapping di kelas V SD Negeri 2 Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu penelitian yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Teknik analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menghitung rata-rata nilai siswa yang diperoleh. Nilai rata-rata diperoleh dengan menjumlahkan data seluruh individu dalam kelompok itu, kemudian dibagi dengan jumlah individu yang ada pada kelompok tersebut. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) penggunaan metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan partisipasi siswa pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 2 Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul; (2) penggunaan metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 2 Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Hal ini dibuktikan dengan prestasi belajar siswa pada pra siklus nilai rata-rata siswa 69,58 naik menjadi 72,00 pada siklus I, nilai ini meningkat menjadi 77,26 pada siklus II dan pada siklus III meningkat menjadi 80,79. Persentase ketuntasan siswa dengan KKM sebesar 75 juga mengalami peningkatan, yaitu sebelum dilakukan penelitian (pra siklus) persentase ketuntasan hanya sebesar 42,11% meningkat menjadi 57,89% pada siklus I. Pada siklus II persentase ketuntasan menjadi 68,42% dan pada siklus III meningkat menjadi 84,21%.
Kata Kunci: Peningkatan, Prestasi Belajar, Metode Mind Mapping.