Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Pujiyono, Pujiyono
Suprihanto, John
Wikaningtyas, Suci Utami
Subject
Manajemen Sumber Daya Manusia
Datestamp
2018-10-09 06:58:06
Abstract :
RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan merupakan rumah sakit umum milik Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan type C dengan jumlah tempat tidur sebanyak 169 TT. Jenis pelayanan kesehatan yang dilaksanakan antara lain: Rawat jalan, Rawat inap, Kamar Operasi, Perawatan Intensip (ICU), Perawatan kedaruratan (IGD), Pelayanan penunjang medis serta Pelayanan penunjang non medis
Mutu pelayanan Instalasi Rawat Jalan dapat diukur dengan model SERVQUAL yang memperhatikan 5 dimensi yaitu: 1) bukti langsung, 2) keandalan, 3) daya tanggap, 4) jaminan dan 5) empati. Masih adanya keluhan masyarakat merupakan permasalahan kualitas pelayanan di Instalasi Rawat Jalan yang diterima pengunjung/pasien dan perlu segera diupayakan untuk memecahkan masalah tersebut oleh pihak manajemen RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kualitas pelayanan di Instalasi Rawat Jalan (IRJ) Rumah Sakit Umum Daerah dr. Darsono Kabupaten Pacitan yang diinginkan (harapan) pengunjung/pasien, mengidentifikasi posisi masing-masing variabel kualitas pelayanan di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Darsono Kabupaten Pacitan dalam diagram Kartesius serta menentukan strategi upaya peningkatan kualitas pelayanan Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Darsono Kabupaten Pacitan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitattif. Populasi penelitian adalah pengunjung/pasien Instalasi Rawat Jalan, sampel penelitian berjumlah 100 responden dengan metode Accidental Sampling atau Convenience Sampling serta wawancara mendalam pada pemangku kepentingan (stakeholder) pada bulan September dan awal November 2016. Analisis kesesuaian antara Tingkat Kepentingan (harapan) dan Tingkat Kinerja (kenyataan) menggunakan model diagram kartesius atau Importance-Performance Analysis (IPA)
Hasil analisis menunjukan bahwa Kualitas pelayanan yang telah dilakukan Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Darsono Kabupaten Pacitan pada saat ini yang merupakan kenyataan yang diterima pengunjung/pasien adalah belum sesuai dengan harapan pengunjung/pasien.
Disarankan agar pihak pengelola RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan mengupayakan: menata tata ruang (Interior) pada loket pendaftaran dan ruang tunggu IRJ sehingga alur antrian lebih lancar dan saat menunggu giliran pemeriksaan merasa nyaman, selalu mengelola ruang dan bangunan agar tetap bersih dan rapi, Petugas dalam setiap melakukan pelayanan selalu berpedoman pada Standar Prosedur Operasional (SPO) serta merencanakan dan melakukan pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) tentang komunikasi efektif.
Kata kunci : Mutu Pelayanan Instalasi Rawat Jalan, Diagram Kartesius, Kesesuaian Tingkat Kepentingan (Harapan) dan Tingkat Kinerja (Kenyataan).