DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KINERJA APARAT BIDANG PELAYANAN PADA PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Waljiyanto, Waljiyanto
Suprihanto, John
Suhartono, Suhartono
Subject
Manajemen Sumber Daya Manusia 
Datestamp
2018-10-09 07:08:54 
Abstract :
Kinerja pemerintah dalam melayani masyarakat dapat dilihat dari kinerja aparat peleyanan terhadap masyarakat. Pengadilan Negeri Yogyakarta memiliki peran yang penting dalam administrasi pemerintahan dalam bidang pelayanan keadilan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja aparat bidang pelayanan pada Pengadilan Negeri Yogyakarta. Analisis kinerja aparat bidang pelayanan yang diteliti terdiri dari 4 (empat) bidang pelayanan yang ada pada Pengadilan Negeri Yogyakarta. Keempat bidang tersebut yaitu pelayanan administrasi persidangan, pelayanan pos bantuan hukum, pelayanan pengaduan dan pelayanan informasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2017, dengan pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode komparatif kualitatif, di mana analisis data menggunakan analisis deskriptif sesuai SK KMA Nomor 26 tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan. Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja aparat bidang pelayanan pada Pengadilan Negeri Yogyakarta sebagian besar sudah optimal, walaupun pada bidang pelayanan administrasi persidangan kinerja aparat pelayanan belum sepenuhnya optimal. Hal ini cukup mengganjal mengingat ?bussines core? Pengadilan Negeri adalah pelayanan persidangan. Kata kunci: Kinerja, Analisis Kinerja 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha