Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Tamala, Evi
Wikaningtyas, Suci Utami
Subject
Kualitas Layanan
Datestamp
2018-10-15 03:03:40
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas dan harga produk terhadap minat beli konsumen pada makanan bingke pontianak di Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen bingke Pontianak dijalan sultan agung Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden yang di gunakan metode probabilitiy sampling dengan menggunakan teknik accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yakni responden yang membeli bingke pontianak. Pengumpulan data dari responden dilakukan dengan menggunakan kuesioer. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda. Data yang telah terkumpul dari responden diolah menggunakan program olah data SPSS.
Hasil analisis data menunjukan bahwa variabel kualitas produk, harga produk, positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada makanan bingke Pontianak di Yogyakarta.
Berdasarkan uji Koefisien Determinasi (Adjusted R Square) dapat disimpulkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,435 menunjukkan bahwa 43,5% variabel bebas yaitu kualitas produk dan harga produk dapat dijelaskan oleh variabel terikatnya yaitu minat beli konsumen. Sedangkan selisih atau sisanya sebesar 56,5% (100%-43,5%34,0%) dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar regresi penelitian ini.
Kata kunci: Kualitas produk, harga Produk dan Minat Beli.