Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Roselina, Alfi Zuriyati
Wening, Nur
Subject
Manajemen Pemasaran
Datestamp
2018-02-07 07:13:10
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan pada Percetakan Graha Taman Bunga Wonosari serta menganalisis variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Untuk mencapai tujuan tersebut maka digunakan metode analisis deskriptif, uji kelayakan instrument peneliti (uji validitas dan realibilitas), analisis regresi berganda, serta pengujian hipotesis (uji t dan uji F). Hasil persamaan regresi menunjukan bahwa keenam variabel yaitu kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan dan tanggungjawab tidak semua variabel mempunyai pengaruh yang signifikan. Variabel yang tidak berpengaruh adalah kemampuan (x1) sikap (x2) dan penampilan(x3) hal ini dibuktikan variabel tersebut memiliki nilai sig > 0,05. Berdasarkan uji regresi dari keenam variabel yaitu (kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan dan tanggungjawab) maka variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan pada Percetakan Graha Taman Bunga Wonosari adalah tanggung jawab. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 5.517
Kata kunci : Kemampuan, Sikap, Penampilan, Perhatian, Tindakan dan Tanggungjawab serta Kepuasan Pelanggan