DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA PAGAR PELANGI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEDUNGWINANGUN KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Sulistyono, Agus
Halim, Abdul
Sutrischastini, Ary
Subject
Manajemen Pendidikan 
Datestamp
2018-10-22 02:12:47 
Abstract :
Masalah yang terjadi dalam kajian penelitian ini adalah apakah penggunaan pembelajaran inovatif dengan pemanfaat alat peraga pagar pelangi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). Berdasarkan pertanyaan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang pemanfaatan Penggunaan pembelajaran inovatif dengan pemanfaat alat peraga pagar pelangi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). Penelitian ini dilakukan melalui proses pengkajian berdaur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan dalam setiap siklus yaitu perencanaan(planning), pelaksanaan(action), observasi(observation), dan refleksi(reflection). Pelaksanaan dari kondisi awal dan setiap siklus dapat diperoleh hasil belajar tuntas peningkatan dari kondisi awal sebesar 32,14 % dari jumlah 28 siswa meningkat menjadi 50% pada siklus I, dan pada siklus II 75%, serta diakhir siklus III dari jumlah 28 siswa tingkat ketuntasan belajar menjadi 96,43%. Selain itu nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dari 56,25 pada kondisi awal, meningkat menjadi 68,75 siswa pada siklus I, di siklus II rata-ratanya meningkat menjadi 74,50, dan rata-rata di siklus III 79,64. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran inovatif dengan pemanfaat alat peraga pagar pelangi pada materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dapat meningkatkan hasil belajar siswa 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha