DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI KELAS VI A SEKOLAH DASAR NEGERI JOGOSIMO KLIRONG
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Mulyono, Mulyono
Halim, Abdul
Sutrischastini, Ary
Subject
Manajemen Pendidikan 
Datestamp
2018-10-22 07:51:06 
Abstract :
Salah satu rendahnya hasil belajar siswa kelas VI A SD Negeri Jogosimo dikarenakan proses belajar mengajar hanya berpusat pada guru, siswa kurang rajin belajar dan berlatih yang mengakibatkan kegagalan siswa dalam mempelajari materi belajar. Penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran Quantum Teaching yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas VI A SD Negeri Jogosimo Klirong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VI A SD Negeri Jogosimo yang berjumlah 29 siswa. Penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data melalui tes hasil belajar, observasi, dan studi dokumen. Indikator keberhasilan tindakan yaitu: rata-rata kelas sekurang-kurangnya 64 dan persentase tuntas klasikal sekurang-kurangnya 75%. Berdasarkan hasil analisis data dan temuan yang diperoleh dalam penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas VI A SD Negeri Jogosimo Klirong. Dari 29 jumlah siswa yang mencapai nilai KKM mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 27,58 % (8 siswa) meningkat menjadi 44,82 % (13 siswa) pada siklus I dan pada akhir siklus II menjadi 89,65 % (26 siswa). Kata kunci: hasil belajar dan metode quantum teaching 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha