DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 40 PURWOREJO
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Nuryanto, Nuryanto
Sutikno, Bayu
Priyastiwi, Priyastiwi
Subject
Manajemen Pendidikan 
Datestamp
2018-10-22 08:02:02 
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VII SMP Negeri 40 Purworejo, Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dibatasi pada materi kalor kelas VII SMP. Subjek penelitian ini adalah kelas VIID sebanyak 30 siswa yang terdiri dari laki-laki 15 siswa dan perempuan 15 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan kelas VIIA jumlah siswa 32 yang terdiri dari laki-laki 18 siswa dan perempuan 14 siswa sebagai kelas control. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan evaluasi. Pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, pertemuan pertama membahas pokok bahasan kalor dapat mengubah suhu suatu zat, sedangkan pertemuan kedua membahas hubungan antara kalor dengan wujud zat. Pada pertemuan pertama siklus II membahas azas black dan penguapan dialnjutkan pertemuan kedua membahas cara perpindahan kalor. Untuk mengetahui penyerapan materi yang telah di ajarkan pada setiap akhir siklus diadakan tes. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar yang meliputi nilai rata-rata = 75 (KKM), dan ketuntasan belajar secara klasikal = 85%. Sebagai pembanding untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang diterapkan pada kelas VIID maka kita lakukan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dari nilai rata-rata 74 menjadai 84,2 dan ketuntasan belajar juga mengalami kenaiakan yang semula 63% menjadi 87%. Indikator penelitian dari hasil tes didapat nilai rata-rata = 75 dan ketuntasan belajar secara klasikal = 85% telah tercapai. Selanjutnya hasil uji-t untuk mengetahui perbedaan antara kelas ekperimen dengan kelas control menunjukkan hasil t-hitung sebesar 4,222. Hasil uji t-hitung > t-tabel , maka dapat disimpulkan pada penelitian ini terdapat perbedaan yang sangat signifikan anatara kelas yang diterapkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelas yang tidak diterapkan. Kata kunci: model pembelajaran, inkuiri terbimbing, hasil belajar, IPA. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha