Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Kristianawati, Santy Indah
Suprihanto, John
Sulastiningsih, Sulastiningsih
Subject
Manajemen Rumah Sakit
Datestamp
2019-03-28 03:01:33
Abstract :
Latar Belakang. Strategi pemasaran bagi lembaga pendidikan dan pelatihan diperlukan seiring dengan adanya persaingan antar institusi lembaga pendidikan dan pelatihan yang semakin atraktif IP2KSDM merupakan satuan kerja dalam RSUP Dr. Sardjito yang bergerak dalam bidang jasa pendidikan dan pelatihan Pada tahun 2017 pendidikan dan pelatihan eksternal yang terselenggara hanya 20 padahal target penyelenggaraan pelatihan 70, hal ini kebanyakan dikarenakan kurangnya peserta (under quota) Teknik pemasaran yang digunakan masih menggunakan cara konvensional
Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan belum tercapainya target penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan. Mengetahui/Menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan. Merumuskan upaya yang digunakan di Instalasi Perpustakaan dan Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta
Metode. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis hasil wawancara.
Hasil. Faktor Penghambat Strategi Pemasaran di IP2KSDM RSUP Dr. Sardjito Di dalam website sardjito.co.id menu IP2KSDM belum dilengkapi dengan pendaftaran online serta proses pendaftaran yang masih manual.
Simpulan. Faktor Penghambat dalam strategi pemasaran di IP2KSDM dapat diatasi dengan upaya membuat Ketentuan dalam proses rekruetmen peserta melalui pendaftaran online agar mempermudah dalam penerimaan peserta sehingga faktor penghambat bisa diminimalisir
Kata kunci : Strategi pemasaran, Pendidikan, Pelatihan