DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI BAGIAN UMUM SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MAGELANG
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Uswandari, Yunita
Lantara, I Wayan Nuka
Suhartono, Suhartono
Subject
Manajemen Sumber Daya Manusia 
Datestamp
2019-03-28 03:04:36 
Abstract :
Otonomi daerah memberikan kewenangan kepada Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat. Dengan demikian tuntutan kinerja pelayanan publik yang baik menjadi semakin penting. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam pelayanan publik yang mengakibatkan kurang optimalnya kinerja pegawai dan untuk mendapatkan rumusan tentang bagaimana strategi meningkatkan kinerja pelayanan publik di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memberikan gambaran/penjelasan secara mendalam tentang kejadian sesuatu yang menjadi obyek penelitian berdasarkan metode triangulasi melalui observasi, logika pikir informan dalam wawancara meliputi in-dept interview (wawancara mendalam) dan Focus Discussion Group (FGD) serta studi dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis model interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja aparat pelayanan belum optimal. Hal ini ditandai dengan ketidakpatuhan sebagian pegawai dalam pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP), tingkat kemampuan sebagian pegawai yang masih kurang meliputi tingkat pendidikan, diklat pelayanan publik, tingkat pengalaman kerja dan adanya beban kerja tambahan, kurangnya sarana prasarana pelayanan serta tingkat empati sebagian pegawai yang masih kurang meliputi kesopanan, keramahan dan daya tanggap terhadap keluhan masyarakat. Penyusunan prioritas masalah dengan menggunakan metode Hanlon dan dapat disimpulkan strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang, sehingga dapat dirumuskan saran rekomendasi untuk mengoptimalkan kinerja pelayanan diantaranya dengan menyusun draft perbaikan SOP dan mengajukan pengesahannya kepada Sekretaris Daerah dengan tembusan kepada Bupati dan Asisten Sekretaris Daerah, mengadakan sosialisasi internal terkait SOP penanganan surat masuk, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan SOP, menugaskan pegawai yang berada pada pelayanan (front office) untuk mengikuti diklat pelayanan publik dan diklat teknologi informasi, mengoptimalkan sarana prasarana yang tersedia dan segera mengusulkan anggaran pengadaan sarana prasarana melalui pengelola aset, untuk diusulkan dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA), serta memprioritaskan pengembangan sistem persuratan elektronik (e-office) diawali dengan komitmen Pimpinan dan menyusun regulasi tentang Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE). Kata kunci: Strategi, Kinerja, Pelayanan Publik 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha