Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Fatkhurrohman, Fatkhurrohman
Widayat, Wahyu
Tjahjono, Achmad
Subject
Manajemen Pendidikan
Datestamp
2019-03-28 03:19:14
Abstract :
Penelitian ini berjudul ?Penerapan media audio visual dalam peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun datar di kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasarsenen Ambal Kebumen tahun 2018?. Adapun masalah yang menjadi fokus
kajian dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimanakah penerapan media audio visual dalam peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun datar di kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasarsenen Ambal Kebumen tahun 2018? (2) Apakah penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar di kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasarsenen Ambal Kebumen tahun 2018?.
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini mempunyai beberapa tujuan; (1) Mendeskripsikan penerapan media audio visual dalam peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun datar di kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasarsenen Ambal Kebumen tahun 2018. (2) Meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar di kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasarsenen Ambal Kebumen tahun 2018 dengan media audio visual.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Model penelitian tindakan kelas (PTK) ini memiliki empat tahapan pada setiap siklus, yaitu (1) Perencanaan (plan), (2) Pelaksanaan tindakan (act), (3) Pengamatan (observe), (4) Refleksi (reflect).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Pasarsenen pada mata pelajaran matematika tentang bangun datar dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas V semester I tahun 2018,
diperoleh kesimpulan sebagai berikut; (1) Terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan. Pada prasiklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 44,83%, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 62,07% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 82,76%. Peningkatan tersebut telah melampui target indikator keberhasilan penelitian yaitu ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 80%. (2) Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 52,41, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 63,45 dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,34. Peningkatan tersebut telah melampui target indikator keberhasilan penelitian yaitu rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80 dan KKM 60.
Kata kunci: matematika, media audio visual, hasil belajar