Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Pangaribuan, Roy
Zuraida, Lukia
Subject
Manajemen Pemasaran
Datestamp
2019-06-24 04:06:08
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, citra merek, dan kualitas produk terhadap keutusan pembelian smartphone Xiaomi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di STIE Widya Wiwaha Yogyakarta yang menggunakan atau pernah menggunakan smartphone Xiaomi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah pueposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan standar signifikan 0,05.
Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa harga (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai sig sebesar (0,000). Citra merek (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai sig sebesar (0,000). Kualitas produk (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai sig sebesar (0,001). Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa harga, citra merek, dan kualitas produk (sebagai variabel independen) secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian (variabel dependen) dengan nilai sig sebesar (0,000). Hasil uji koefisien determinasi menunjukan besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 0,781 atau 78,1% dan sisanya sebesar 21,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Kata kunci : Harga, citra merek, kualitas produk, dan keputusan pembelian