Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Ela, Maria
Damayanti, Dila
Subject
Manajemen Pemasaran
Datestamp
2019-06-25 07:02:04
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji (1) pengaruh persepsi kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi di STIE Widya Wiwaha Yogyakarta, (2) pengaruh persepsi keunggulan produk terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi di STIE Widya Wiwaha Yogyakarta, dan (3) pengaruh persepsi kualitas produk dan persepsi keunggulan produk terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi di STIE Widya Wiwaha Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 4,090 > 1,984 (t tabel) dan nilai sig t sebesar 0,000 < 0,05, dan (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi keuggulan produk terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2,083 > 1,984 (t tabel) dan nilai sig t sebesar 0,040 < 0,05. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel persepsi kualitas produk dan persepsi keunggulan produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi sebesar sebesar 57,958 > 3,09 (F tabel) dan nilai sig F sebesar 0,000 < 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,535 atau 53,5% dan hasil tersebut membuktikan bahwa variabel persepsi kualitas produk dan variabel persepsi keunggulan produk berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model penelitian sebesar 46,5%.
Kata kunci: persepsi kualitas produk, persepsi keunggulan produk dan keputusan pembelian