Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Rahayu, Nita
Sulastiningsih, Sulastiningsih
Subject
Akuntansi Keuangan
Datestamp
2019-07-02 04:35:11
Abstract :
Adanya perbedaan harga yang terjadi diAlfamart yang menyebabkan kurang puasnya bpelanggan dan menyebabkan banyak komplain dari pelanggan, hal ini tentu saja dapat membuat citra Alfamart menjadi menurun.sepertihalnya yang pernah terjadi ditoko Alfamart Jl Manisrenggo, Alfamart Jl Solo Prambanan. Alfamart Jl kraguman, Alfamart Jl Tlogo yang pernah mengalami perbedaan harga label dengan harga ksir
Dalam penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari informan yang diwawancarai. Prosedur dan Proses terjadinya perubahan harga yang berjalan ditoko Alfamart dimulai dari kantor pusat yang menentukan harga. Setelah kantor pusat menentukan harga setiap karyawan pemegang shift mengecek komputer di toko masing-masing, karena perubahan harga yang sudah ditentukan oleh kantor pusat di kirim lewat email masing-masing toko Alfamart. Kemudian setelah email dicek oleh pemegang sift selanjutnya untuk dicetak, kemudian di pasang didisplay sesuai per item barang tersebut.
Dari hasil analisis penelitian tentang Perbedaan harga label dengan harga kasir di PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Setiap toko Alfamart mengganti label harga setiap 2 minggu sekali dan yang bertugas menginformasikan perubahan harga tersebut adalah kantor pusat yang melalui email dan terhubung di setiap komputer Alfamart Kemudian salah satu personil/ karyawan Alfamart yang sedang jaga/ shift mengecek email tersebut. Oleh karena itu Karyawan mengecek perubahan harga tersebut setiap paginya setelah berganti shift mencetak label tersebut dan memasang disetiap rak display yang sesuai per item barang.