Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Madjid, Asmayani
Purwanto, Wahyu
Sulastiningsih, Sulastiningsih
Subject
Manajemen Rumah Sakit
Datestamp
2021-08-24 01:14:58
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu tunggu yang dilaksanakan di rawat jalan Puskesmas Paron apakah sudah sesuai standar pelayanan minimal, mengetahui kendala dalam memenuhi waktu tunggu sesuai standar pelayanan minimal dan merumuskan upaya meningkatkan layanan waktu tunggu di rawat jalan Puskesmas Paron.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, informan penelitian terdiri dari pasien rawat jalan, petugas loket pendaftaran, perawat poliklinik, dokter poliklinik, petugas apotik Puskesmas Paron. Pengumpulan data menggunakan wawancara, pengukuran waktu dan dokumentasi.
Hasil penelitian didapatkan waktu tunggu pasien rawat jalan di loket pendaftaran dikategorikan baik. Waktu tunggu pasien rawat jalan Puskesmas Paron masuk dalam kategori sedang. Kendala yang ditemui dalam memenuhi waktu tunggu sesuai standar pelayanan minimal di rawat jalan Puskesamas Paron adalah rekam medik pasien kadang ditumpuk setelah itu baru didistribusikan ke poliklinik, tenaga kesehatan yang bertugas di poliklinik atau balai pengobatan kadang terlambat atau tidak tepat waktu dalam memulai pelayanan, masalah pasien berbeda-beda ada yang bisa dengan cepat, ada yang lama. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan layanan waktu tunggu pasien rawat jalan di Puskesmas Paron adalah waktu memulai pelayanan harus tepat waktu, jangan menumpuk rekam medik pasien, secepatnya didistribusikan ke poliklinik dan menangani pasien dengan masalah yang berbeda-beda tetap fokus ke masalah utama pasien.
Kata kunci : waktu tunggu, pasien rawat jalan