Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Choeriyah, Isnaeni
Halim, Abdul
Priyastiwi, Priyastiwi
Subject
Manajemen Pendidikan
Datestamp
2019-08-14 03:10:15
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji Model Inkuiri Terstruktur Berbantuan Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII D SMP N 2 Selopampang Semester 1 Tahun Pelajaran 2018 / 2019.Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP N 2 Selopampang berjumlah 23 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian tindakan kelas dengan melalui tindakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu membuat perencanaan, melakukan tindakan, mengadakan pengamatan dan melakukan refleksi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai hasil pembelajaran klasifikasi makhluk hidup dengan media serbaneka dari kondisi awal, siklus pertama dan siklus kedua.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Inkuiri Terstruktur Berbantuan SQ3R dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar yaitu rata-rata kelas 60 pada pra siklus menjadi 63,8 pada siklus I, kemudian terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 73,70. Pada prosentase ketuntasan terlihat bahwa ketuntasan pra siklus 8,3% menjadi sebesar 30,43% pada siklus I meningkat menjadi 78,26% pada siklus II. Pada proses pembelajaran menggunakan inkuiri terstruktur berbantuan SQ3R terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 78,37 % menjadi 84,24 % hal ini terjadi karena siswa telah memahami langkah-langkah Inkuiri dengan baik, dapat menyimpulkan dalam bentuk kegiatan SQ3R dengan baik.
Kata Kunci : Model Inkuiri Terstruktur, SQ3R, Prestasi Belajar